KAMPUS MENGAJAR

Pada program kampus mengajar kelas merdeka ini akan dibuka untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mengajar selama satu semester di sekolah tertentu. Melalui program ini diharapkan agar memberikan manfaat yang banyak bagi mahasiswa dan tentunya pihak sekolah yang mengalami dampak akibat pandemi COVID 19.

Menariknya, bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar ini akan mendapatkan bantuan biaya hidup dan UKT. Namun, bantuan tersebut hanya ditujukan kepada para  mahasiswa yang belum menerima bantuan dari pemerintah lainnya.

Bagaimana dengan persyaratan, dokumen yang dilampirkan, serta timelinenya?

Agar kamu lebih bisa memahami bagaimana persyaratan, dokumen terlampir, serta timeline yang harus digunakan, simak ulasan di bawah ini ya.

Syarat pendaftaran:

  1. Mahasiswa aktif program D3, D4, dan S1 minimal semester 4
  2. Berasal dari mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di bawah naungan Kemendikbud Ristek dengan akreditasi minimal B
  3. Memiliki IPK minimal 3 dari skala 4
  4. Tidak pernah terdaftar atau sudah lulus dari program Kampus Mengajar Perintis, Kampus Mengajar 1 dan 2.

Dokumen yang dibutuhkan:

  1. Transkrip nilai
  2. Surat keterangan sehat dari puskesmas atau rumah sakit
  3. Menyertakan surat rekomendasi perguruan tinggi asal
  4. Surat persetujuan bermaterai orangtua atau wali untuk ditempatkan dimana saja
  5. Surat pakta integritas bermaterai

Timeline program kampus mengajar 3

  • Pendaftaran akan dimulai dari 25 November – 10 Desember 2021

Mahasiswa yang berminat bisa melakukan pendaftaran pada https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar. Pastikan seluruh dokumen dan persyaratan yang kamu butuhkan sudah diunggah lengkap.

  • Seleksi program tersebut akan dilakukan mulai 13-24 Desember 2021

Selama seleksi, mahasiswa akan mengikuti beberapa seleksi administrasi, mulai dari tes numerasi, literasi, dan VCAT.

  • Pembekalan program tersebut dimulai pada 3-31 Januari 2022

Bagi yang lolos, mahasiswa akan menerima pembekalan secara daring, mulai dengan materi, pelatihan, hingga workshop.

  • Pemberangkatan akan dilakukan pada 3-14 Januari 2022

Peserta terpilih bisa memilih diberangkatkan dari alamat tinggal atau lokasi perguruan tinggi.

  • Penugasan mulai 10 Januari- Juni 2022

Dalam penugasannya, peserta mahasiswa wajib mengisi laporan kegiatan harian, kegiatan mingguan serta menyusun laporan akhir.

  • Penarikan dilakukan pada Juli 2022

Di akhir penugasan, seluruh peserta langsung ditarik dari lokasi mengajar secara serentak.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, semua nilai dari kegiatan Kampus Merdeka akan dikonversikan ke dalam nilai akademik sebanyak maksimal 20 SKS.

Namun khusus prodi Informatika kita akan mengkonversi kegiatan ini kedalam 13 sks :

No Nama Mata Kuliah SKS Sem
1 KKN* 4 7
2 Kapita Selekta 2 7
3 Sosio Informatika 2 7
4 Komunikasi Interpersonal 2 7
5 Praktik Magang** 3 7
Total SKS 13

Program Studi Informatika

Kampus 4
Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Faximille : 0274-564604
Email : prodi[at]tif.uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

© 2021-2023 Program Studi Informatika | Home |