SKRIPSI

Tugas Akhir (TA)

Secara umum skripsi di Informatika dibagi menjadi 2 skema yaitu skema laporan dan skema jurnal. Yang membedakan anatar keduanya adalah pada naskah yang dihasilkan.

a. Skema Laporan : mahasiswa wajib membuat laporan skripsi sesuai dengan format yang telah ditentukan. (Format Laporan Skripsi)
b. Skema Jurnal : mahasiswa wajib membuat naskah jurnal sesuai dengan template pada jurnal yang akan dituju. adapun syarat jurnal tujuannya adalah jurnal di bidang informatika/komputer bisa jurnal nasional yang sudah terakreditasi minimal SINTA 3 atau jurnal internasional. terindex scopus. Dengan status naskah sudah accepted/publish.

Pedoman Pelaksanaan Tugas Akhir (TA)

Tugas Akhir adalah karya tulis ilmiah mahasiswa dengan kegiatan penelitian atau desain yang orisinal dan terbimbing oleh Dosen pembimbing yang relevan. Dengan mengerjakan Tugas Akhir diharapkan mahasiswa mampu menganalisis, mengidentifikasi, merangkum dan mengaplikasikan semua pengalaman belajarnya untuk memecahkan masalah dalam bidang informatika secara sistematis, logis, kreatif, kritis, orisinal dan berbobot berdasarkan data /informasi terkini yang akurat dan didukung analisis yang tepat. Ruang lingkup tugas akhir di Program Studi (PS )Informatika adalah kemampuan membuat konsep, mendesain, mengimplementasikan, mengoperasikan, dan mengevaluasi dengan thema sesuai dengan kurikulum yang ada di PS Informatika.

1. Pengajuan Proposal
2. Seminar Proposal
3. Bimbingan
4. Seminar Hasil melalui SIG (Specialist Interest Group)
6. Ujian TA/Pendadaran
7. Yudisium

BIMBINGAN :

Setelah mahasiswa melakukan seminar proposal dan dinyatakan lolos ke skripsi, maka Mahasiswa wajib melakukan bimbingan dengan membawa Lembar Asistensi/Pembimbingan (Permohonan Kartu Bimbingan Skripsi). Berita Acara Semprop serta revisi (jika ada) pada saat bimbingan pertama kali. Jumlah bimbingan dilakukan minimal 2x dalam sebulan.

Maksimal waktu pengerjaan skripsi untuk memperoleh nilai A adalah 8 bulan sejak tanggal seminar proposal dilaksanakan. Apabila lebih dari 6 bulan maka nilai maksimal yang didapat sesuai ketentuan :

  • pengerjaan 9 – 15 bulan, maka nilai maksimal B+
  • pengerjaan 16 – 18 bulan, maka nilai maksimal B
  • pengerjaan 19 – 22 bulan, maka nilai maksimal B-
  • pengerjaan > 22 bulan, maka nilai maksimal C+

Apabila mahasiswa mengerjakan skripsi lebih dari 1 semester, maka pada masa pengisisan KRS di semester berikutnya, mahasiswa tetap wajib melakukan KRS skripsi.

SEMINAR HASIL MELALUI SIG :

Sebelum mendaftar ujian skripsi/pendadaran mahasiswa wajib melakukan presenstasi di forum SIG, gunanya untuk ajang sharing topik penelitian kepada mahasiswa semester bawah/awal agar mereka mempunyai gambaran terkait penelitian/skripsi.

Namun sejak adanya pandemi covid-19 tahap ini di skip dan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

UJIAN TA/PENDADARAN :

Mahasiswa mendaftar ujian TA atau Pendadaran secara online melalui link berikut :

Pendafaran Ujian TA / Pendadaran skema Reguler

Pendaftaran Ujian TA / Pendadaran skema Jurnal

Dengan melampirkan berkas-berkas sebagai syarat ujian yakni :

  1. Naskah Skripsi (ACC pembimbing)/ Naskah Jurnal (Published/Accepted)
  2. Kartu Bimbingan minimal 9 kali
  3. Bebas SPP Pendadaran (screenshot portal)
  4. Transkrip Nilai (Acc Ka Prodi)
  5. KRS Skripsi (screenshot portal)
  6. Bukti bayar pendadaran
  7. KTM yang masih berlaku
  8. TOEFL Min 400
  9. Hasil Check Similarity maksimal 25%
  10. Logbook keaktifan Lab
  11. Monev Skripsi
Catatan yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa :
  • Form dibuka hari Selasa s.d Kamis
  • Waktu pelaksanaan maksimal H+7
  • Jadwal dikirim melalui email dan gcall pada hari Sabtu atau Senin

Pasca Pendadaran

Pasca pendadaran mahasiswa :

  1. Menyelesaikan kewajiban revisi kemudian setelah mendapat tandatangan pengesahan dari dosen penguji & pembimbing serta dekan
  2. Mahasiswa wajib mengumpulkan laporan skripsi (beserta artikel ilmiah jurnal) melalui form : Upload Naskah Skripsi & Jurnal
  3. Setelah nilai pendadaran mahasiswa diterbitkan, upload laporan skripsi melalui portal mahasiswa untuk selanjutnya akan diterbitkan surat bebas perpustakaan UAD. Panduan Unggah Mandiri Karya Tugas akhir dan Syarat Bebas Pustaka di Perpustakaan dapat di lihat pada Panduan
  4. Menyelesaikan kewajiban Pengajuan Surat Keterangan bebas Tanggungan Laboratorium Prodi Informatika. Bebas Tanggungan Laboratorium dapat di proses melalui link Bebas Laboratorium

YUDISIUM :

Silahkan persiapkan persyaratan yudisium dan mengumpulkan berkas melalui website fti.uad.ac.id

  1. Scan  KTP
  2. Scan foto 3×4 berwarna
  3. Scan foto 3×4 hitam putih
  4. Scan Ijasah SMA/SMK yg dilegalisir asli
  5. Scan Akta Kelahiran
  6. Scan cover skripsi (bahasa indonesia)
  7. Scan cover skripsi (bahasa Inggris)
  8. Scan bebas perpustakaan UAD
  9. Scan bebas perpustakaan Daerah
  10. Scan data wisudawan
  11. Scan bukti penyerahan KP
  12. Scan bukti upload SKPI
  13. Scan Halaman pengesahan skripsi
  14. Scan Surat bebas Lab/administrasi
  15. Scan bukti bebas pembayaran SPP
  16. Scan skor TOEFL yang masih berlaku
  17. Scan transkrip nilai yang sudah di ACC kaprodi

Selanjutnya semua lembar aslinya dikirimkan ke kantor TU FTI pada jam kerja.

Program Studi Informatika

Kampus 4
Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120
Faximille : 0274-564604
Email : prodi[at]tif.uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960

© 2021-2023 Program Studi Informatika | Home |