INFORMASI PRAKTIKUM SEMESTER GASAL 2021/2022
Berikut informasi persiapan dan pelaksanaan praktikum semester Gasal 2021/2022, antara lain:
• Pendaftaran Praktikum : 11 – 16 September 2021
• Aktivasi & Pembayaran Praktikum : 13 – 17 September 2021
• Pemilihan Slot Praktikum : 20 – 24 September 2021
• Seleksi Asisten : 13 – 17 September 2021
• Pra Praktikum : 20 – 23 September 2021
PROSEDUR DAN MEKANISME PENDAFTARAN PRAKTIKUM
1. Setiap mahasiswa harus terdaftar dan mengikuti praktikum (termasuk yang mengulang).
2. Pendaftaran praktikum dilaksanakan secara online melalui IT Center T.Informatika (http://reglab.tif.uad.ac.id) Untuk melakukan pendaftaran tersebut, masing-masing mahasiswa harus memiliki account di IT Center T.Informatika.
Bagi yang belum punya akun, harus mendaftar terlebih dahulu di IT Center, pentunjuk tata cara pendaftaran akun dan pendaftaran praktikum ada di link : https://s.uad.id/panduanreglab
Pendaftaran praktikum online meliputi : memilih mata praktikum yang diambil sesuai KRS (sudah termasuk modul dan Diktat).
Pendaftaran praktikum akan di buka hari Sabtu, 11 September 2021 Pukul 14.00 WIB
Khusus Untuk mahasiswa Angkatan 2021, mata praktikum yang diambil adalah :
a. Praktikum Dasar Pemrograman,
b. Dasar Sistem Komputer
c. Logika Informatika
Untuk Angkatan 2020, khusus untuk mata praktikum STRUKTUR DATA harus dipilih sesuai dengan Dosen Pengampu kelas Teori.
3. Setelah sukses proses pendaftaran praktikum online, secara otomatis akan keluar PIN dan jumlah biaya yang harus dibayarkan ke bank. PIN tersebut harus ditulis pada bukti pembayaran, untuk memudahkan proses aktivasi.
4. Selanjutnya mahasiswa melakukan Pembayaran praktikum ke Rekening :
a. Pembayaran di tujukan ke rekening :
No. Rek : 1111 – 885 – 616
Atas Nama : Laboratorium Teknik Informatika
Bank : Bank Syariah Indonesia/BSI
Kantor Cabang : KCP Sleman 2
b. Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller bank BSI atau bank lainnya
c. Pembayaran dapat dilakukan melalu M-banking/e-money (OVO,DANA dan lainnya)
d. Pembayaran dapat di lakukan dengan Transfer ATM, namun pastikan ATM dapat mengeluarkan Struk bukti Transfer (untuk antisipasi apabila tidak keluar struk bukti transfer, kami harapkan mahasiswa yang melakukan transfer dengan ATM dapat melakukan perekaman video saat melakukan transaksi transfer dari awal)
e. Pastikan anda mempunya bukti transfer dari transaksi anda, karena akan di butuhkan saat melakukan aktivasi praktikum.
5. Setelah melakukan pembayaran praktikum, maka Langkah selanjutnya adalah aktivasi praktikum dengan cara :
a. Swafoto dengan memegang KTP dan KTM atau Kartu kuning (kartu tanda terima berkas registrasi mahasiswa UAD)
b. Scan KTP
c. Scan KTM (bila belum/tidak ada KTM dapat menggunakan kertas tanda registrasi mahasiswa UAD (kertas kuning/bukti Registrasi yang memunculkan nama,NIM dan email uad/Webmail) atau menggunakan KRS semester Gasal 2021/2022 dan surat pernyataan yang ditanda tangani orangtua / wali)
d. Scan slip pembayaran praktikum atau bukti transfer via m-banking/ ATM/OVO dan lain-lain
e. Daftar nama praktikum yang dipilih
f. Bila pembayaran melalui ATM, mohon menyertakan video proses transaksi dari awal hingga akhir secara jelas
g. Pastikan hasil scan terbaca dengan jelas, terutama pada bukti pembayaran
h. Syarat butir a sampai f di buat dalam 1 dokumen PDF dengan format nama file : NIM-Jumlah bayar.pdf, kemudian Kirim dokumen aktivasi melalui Link : https://bit.ly/Aktivasi-Praktikum
6. Setelah teraktivasi, mahasiswa dapat melakukan pemilihan slot/jadwal praktikum secara online (sesuai jadwal) dengan login terlebih dahulu (jadwal Pemilihan Slot dan jadwal Praktikum akan diinformasikan berikutnya). Pastikan Jadwal yang anda pilih tidak bertabrakan/bentrok dengan jadwal kuliah ataupun dengan jadwal praktikum lainnya.
7. Setelah pemilihan slot, berikutnya adalah pelaksanaan praktikum sesuai jadwal
8. Apabila tanggal tersebut diatas terlewati dan belum dimulai pendaftaran praktikum, maka tunggu informasi melalui tif.uad.ac.id.
9. Untuk laporan kendala saat pendaftaran akun atau pendaftaran praktikum, silahkan mengisi link berikut :
a. Kendala akun, isi form di link : https://bit.ly/aduanreglab
b. Kendala pendaftaran praktikum, isi form di link : https://s.uad.id/praktikum-tif-2020-1
10. Untuk laporan bentrok jadwal praktikum dan kuliah, dilayani setelah tanggal pemilihan slot selesai dan/atau di minggu pertama praktikum dimulai
11. Hal – hal lain yang belum diatur maupun perubahan yang ada dalam ketentuan ini, akan diumumkan kemudian.
Demikian semoga bermanfaat.
Yogyakarta, 11 September 2021
Kaprodi Teknik Informatika
TTD
Nur Rochmah Dyah Pujiastuti, S.T., M.Kom.