× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
×

Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Algoritma Pemrograman (ALPRO) wajib memperhatikan kententuan di bawah ini :

Untuk Pendaftaran Praktikum Algoritma Pemrograman (ALPRO)
Kelas A, B,C,D Pilih mata praktikum yang bertuliskan Algoritma Pemrograman (Wahyu Pujiyono, Drs., M.Kom)
Kelas E, F, G, H Pilih mata praktikum yang bertuliskan Algoritma Pemrograman (Ardi Pujiyanta, Ir., M.TRusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D)

Untuk Pemilihan Slot Praktikum Algoritma Pemrograman (ALPRO) Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono (Kelas A,B,C,D) WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono (di Lab. Basis Data).


Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Alhamdulillah Program Studi Informatika Menyabet Gold Medal dan Silver Medal pada Lomba international Festival Innovation on Green Technology (i-FINOG 2018)

(Tif) Program Studi Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) pada ajang perlombaan international Festival Innovation on Green Technology (i-FINOG 2018) yang berlangsung pada tanggal 20-22 April 2018 mengirimkan dua tim untuk mengikuti ajang tersebut. Kedua tim tersebut terdiri dari Tim FOLIUM yang beranggotakan Muhamad Jumadil Akbar (1400018093), Fachrul Rozi (1500018143), dan Setyawan Wahyu Utomo (1500018134) dengan pembimbing Dewi Pramudi Ismi, S.T., M.CompSc. Sedangkan tim satunya yaitu Tim NGURIPI App dengan anggota Anugrah Bintang Perdana (1500018249), Erlangga Jaya (1500018255), dan Gontang Ragil Prakasa (1500018280), Tim NGURIPI App dibimbing oleh Adhi Prahara, S.Si., M.Cs.

https://fti.uad.ac.id/wp-content/uploads/i-FINOG-2018-Informatika-UAD-2.jpg

FOLIUM adalah aplikasi yang di gunakan untuk mendeteksi kualitas jenis benih/bibit tanaman karet,  sampel yang di ambil dari aplikasi ini adalah daun dan batang pohon karet. Sedangkan Folium sendiri artinya Daun yang berasal dari Bahasa Latin. Cara Kerja aplikasi ini cukup sederhana yaitu pengguna cukup mengupload/mengunggah gambar daun atau batang keret , kemudian aplikasi akan melakukan preprosessing image dan menentukan jenis bibit tanaman tersbut dan menampilkan spesfikasi tanaman serta tips-tips perawatannya. Ide ini di latar belakangi oleh maraknya metode dan pemilihan tanaman pertanian yang tidak tepat sehingga menimbulkan kerugian bagi para petani dan ekosistem alam pun tidak seimbang.

https://fti.uad.ac.id/wp-content/uploads/i-FINOG-2018-Informatika-UAD-1.jpg

Sedangkan NGURIPI berasal dari bahasa jawa yang berarti memberi kehidupan. Aplikasi ini mengambil filosofi ini untuk memberikan kehidupan pada lingkungan dengan membuat ruang terbuka hijau bersih, sehat, dan berguna bagi masyarakat. Dengan memberikan kehidupan pada lingkungan, kami ingin memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat.

Pada kompetisi tersebut Alhamdulillah Tim FOLIUM berhasil meraih Gold Medal Sedangkan Tim NGURIPI App memperoleh Silver Medal. Sri Winiarti, S.T., M.Cs. (Ketua Program Studi Informatika) saat ditemui reporer fakultas menyampaikan “Kegiatan lomba merupakan salah satu proses dari pengembangan ilmu dan juga pengembangan kepercayaan diri dari setiap mahasiswa informatika di mana mereka langsung menerapkannya secara nyata. Berbagai prestasi telah diraih mahasiswa informatika FTI UAD di kancah nasional dan internasional, harapan kami sebagi ketua Program Studi terus memacu dan mendukung mahasiswa lainnya untuk selalu berprestasi, sehingga nantinya akan muncul bibit lulusan informatika yang berkualitas. /(ns)