× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Struktur Data (Sdata) wajib memilih jadwal praktikum sesuai dengan dosen pengampu dikelas.
  1. Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono.
  2. Yang dosennya Pak Ardi Pujiyanta WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Ardi Pujiyanta.
  3. Yang dosennya Pak Rusydi Umar WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Rusydi Umar.


Mohon diperhatikan untuk matapraktikum berikut:
  1. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK)
  2. Dasar Dasar Pemrograman (DDP)
  3. Statistika Informatika
  4. Basis Data
Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Workshop Pelatihan EndNote dan Mendeley Bagi Dosen Fakultas Teknologi Industri UAD

(tif) Referensi dibutuhkan ketika melakukan teknik menulis buku. Penulis yang menggunakan referensi akan membandingkan ide, gambaran, dan hasil yang telah dicapai oleh penulis sebelumnya untuk mendukung isi tulisan. Biasanya referensi dicantumkan dalam bentuk sitasi atau daftar pustaka. Dalam penulisan ilmiah baik skripsi, thesis, disertasi, jurnal maupun buku, mencantumkan daftar pustaka adalah untuk menghindari plagiarism. Daftar pustaka sebisa mungkin lengkap dan seragam sesuai dengan pola yang digunakan dan berisi kutipan literatur sebagai acuan atau referensi dalam tulisan ilmiah kita terkait dengan penelitian yang telah ada sebelumnya.

Saat ini tersedia berbagai aplikasi untuk memudahkan kita menuliskan daftar pustaka baik yang berbayar misalnya EndNote maupun yang gratis misalnya Mendeley. Uraian tadi disampaikan Andri Pranolo, S.Kom., M.Cs., (dosen Teknik Informatika FTI UAD & Editor Jurnal Internasional IJAIN) sebagai narasumber dalam acara Workshop Yang berlangsung di Laboratorium Jaringan Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan, Selasa (16/1/18). Workshop yang berlangsung sehari penuh tersebut dengan agenda pelatihan EndNote dan Mendeley bagi dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI).

MENDELEY merupakan suatu aplikasi yang berfungsi sebagai “citation & reference manager” yang akan membantu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, tidak akan memakai cara manual lagi dalam penyisipan sitasi dan pembuatan daftar pustaka. Aplikasi ini tersedia dalam dua basis yaitu Web dan Desktop serta sudah mendukung Windows maupun Macintosh.  Seperti aplikasi lainnya, Mendeley juga mendukung plugin yang bisa berkolaborasi dengan Microsoft Office sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi ketika selesai menulis tulisan ilmiah, tinggal satu kali klik semua referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan kita.Sampai saat ini sebagian dari kita masih menggunakan cara manual, yaitu dengan menuliskan satu persatu diakhir proses penulisan, akibatnya kadang ada ketidaksamaan tipe, atau tidak tercantum di daftar pustaka. Hal itu juga akan membuat repot jika ada pergantian pola atau tipe daftar pustaka. Dengan Aplikasi Mendeley kita semakin dimudahkan. /(ns)