× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Struktur Data (Sdata) wajib memilih jadwal praktikum sesuai dengan dosen pengampu dikelas.
  1. Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono.
  2. Yang dosennya Pak Ardi Pujiyanta WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Ardi Pujiyanta.
  3. Yang dosennya Pak Rusydi Umar WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Rusydi Umar.


Mohon diperhatikan untuk matapraktikum berikut:
  1. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK)
  2. Dasar Dasar Pemrograman (DDP)
  3. Statistika Informatika
  4. Basis Data
Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Kontribusi Nyata Mahasiswa Teknik Informatika FTI UAD Dalam Kegiatan Sosial

(tif) Mahasiswa sebagai agen perubahan, mahasiswa memiliki identitas diri yang terbangun oleh citra diri sebagai insan religius, insan dinamis, insan sosial, dan insan mandiri. Mahasiswa bertindak bukan ibarat pahlawan yang datang ke sebuah negeri, dalam artian mahasiswa tidak hanya menjadi penggagas perubahan, melainkan menjadi objek atau pelaku dari perubahan tersebut. Panti Asuhan sebagai suatu lembaga yang sangat kental untuk membentuk perkembangan anak – anak yang tidak memiliki keluarga ataupun yang tinggal bersama dengan kelauarga dalam kebutuhan mental dan sosial pada anak asuh supaya mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri sampai mencapai tingkat kedewasaan yang matang serta mampu melaksanakan perannya sebagai individu dan warga Negara didalam kehidupan bermasyarat.

Staff Humas Fakultas dan Gontang Ragil Prakasa mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) sadar betul bahwa salah satu cita cita bangsa indonesia yang tertuang di dalam alenia keempat pembukaan UUD 1945 yaitu “ mencerdaskan kehidupan bangsa” harus diwujudkan dengan aksi nyata, yang kemudian munculah ide untuk membuat relawan mengajar bagi peserta didik anak panti asuhan Hajah Sarwati PDHI yang beralamat di dusun Klaci Margoluwih Seyegan Sleman Yogyakarta.

Berawal dari 2 relawan pengajar mahasiswa FTI UAD, kemudian berkembang menjadi 25 relawan pengajar dari berbagai perguruan tinggi di daerah istimewa Yogyakarta. Jadwal mengajar dilakukan setiap hari senin sampai kamis pukul 16.00 – 17.30 Wib. Tujuan mengajar ini selain mengamalkan ilmu yang sudah didapatkan dan diimplementasikan di masyarakat yaitu yang paling terpenting adalah mengamalkan perintah Allah Subhanahu Wa ta’ala yaitu dalam QS. Al-Ma’un ayat 1-7.

Sunardi, S.T., M.T., Ph.D. (Dekan FTI UAD) sangat mengapresiasi langkah para mahasiswanya untuk berkontribusi nyata mengembangkan ilmunya kepada masyarakat luas, salah satunya kegiatan sebagai relawan pengajar Panti Asuhan Hajah Sarwati PDHI. Dari kegiatan sosial tersebut identitas mahasiswa memiliki tanggung jawab keagamaan, intelektual, sosial kemasyarakatan, dan tanggung jawab individual baik sebagai hamba Tuhan maupun sebagai warga, bangsa, dan negara. /(ns)