× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
×

Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Algoritma Pemrograman (ALPRO) wajib memperhatikan kententuan di bawah ini :

Untuk Pendaftaran Praktikum Algoritma Pemrograman (ALPRO)
Kelas A, B,C,D Pilih mata praktikum yang bertuliskan Algoritma Pemrograman (Wahyu Pujiyono, Drs., M.Kom)
Kelas E, F, G, H Pilih mata praktikum yang bertuliskan Algoritma Pemrograman (Ardi Pujiyanta, Ir., M.TRusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D)

Untuk Pemilihan Slot Praktikum Algoritma Pemrograman (ALPRO) Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono (Kelas A,B,C,D) WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono (di Lab. Basis Data).


Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Kuliah Tamu Program Studi Teknik Informatika ” e Goverment & Smartcity di Indonesia” oleh Tony Dwi Susanto, Ph.D., ITIL, COBIT

(tif) Teknologi informasi dan komunikasi menjadi semakin pesat perkembangannya. Perkembangan tersebut mencakup semua aspek kehidupan. Perkembangan tersebut dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menjadikan kehidupannya meningkat kualitasnya. Perkembangan teknologi juga dimanfaatkan pemerintah untuk membangun kota yang pintar atau konsep smart city sehingga pelayanan yang diterima oleh masyarakat menjadi lebih baik. Uraian tadi disampaikan oleh Tony Dwi Susanto, Ph.D., ITIL, COBIT. (Chapter President AISINDO & Dosen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November), pada acara kuliah tamu Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan. Kuliah tamu yang diselenggarakan pada hari Jumat 22 Desember 2017 di ruang Auditorium D tersebut di hadiri oleh ratusan mahasiswa Teknik Informatika. Turut hadir pada kuliah tamu tersebut Sunardi, S.T., M.T., Ph.D. (Dekan FTI UAD).

Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Konsep smart city tidak akan terwujud tanpa adanya aplikasi penunjang yang handal. Aplikasi-aplikasi tersebut sangatlah penting karena merupakan piranti yang membuat kinerja berbagai kegiatan perkotaan menjadi lebih efisien sehingga layak menyandang julukan kota pintar.

Lebih lanjut beliau menyampaikan tentang contoh E-government atau penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya baik itu Konsep yang mencakup sektor kesehatan,keuangan, pendidikan , SDM ,izin usaha , dan lalu lintas.Bahkan beliau juga memberikan contoh pompa air yang rusak dapat di ketahui dalam hitungan menit. Ungkap Tony Dwi Susanto yang merupakan anggota group pelawak Plat AB dan merupakan putra asli Yogyakarta. /(ns)