× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Struktur Data (Sdata) wajib memilih jadwal praktikum sesuai dengan dosen pengampu dikelas.
  1. Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono.
  2. Yang dosennya Pak Ardi Pujiyanta WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Ardi Pujiyanta.
  3. Yang dosennya Pak Rusydi Umar WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Rusydi Umar.


Mohon diperhatikan untuk matapraktikum berikut:
  1. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK)
  2. Dasar Dasar Pemrograman (DDP)
  3. Statistika Informatika
  4. Basis Data
Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Kuliah Tamu Pemrograman Web, Materi Desain Layout CSS oleh Afriq Yasin Ramadhan, S.T. (Alumni)

(tif) Dalam dunia desain, Layout berbicara mengenai bagaimana penataan elemen-elemen dalam sebuah halaman dengan benar. Sama seperti tipografi, terdapat sangat banyak elemen-elemen pada layout, elemen-elemen layout yang umumnya ditemukan pada dokumen web, dan bagaimana membuat elemen-elemen tersebut dengan HTML dan CSS. Layout atau susunan kerangka website adalah salah satu unsur pembuatan web yang harus diperhatikan.Tampilan website akan menggambarkan tingkat profesional seseorang web designer. Sebelum mulai melakukan coding, langkah pertama pastikan bahwa kita mengerti apa CSS itu. CSS berarti Cascading Style Sheets dan itu adalah sebuah bahasa yang membantu kita mengubah tampilan halaman HTML. Jika Anda ingin memulai di dunia web desain, ada beberapa kemampuan penting yang harus Anda kuasai. Anda membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana kode pada sebuah halaman HTML itu bekerja. Kemudian, Anda harus dapat mengaplikasikan CSS untuk menciptakan efek visual yang Anda inginkan, apakah itu tata letak tertentu, tipografi, atau pun warna dan latar belakang.

Sebuah dokumen web umumnya memiliki elemen-elemen sebagai berikut : Elemen Header merupakan elemen yang berisi judul dan penjelasan lain dokumen. Biasanya elemen ini diisikan dengan logo website, menu-menu global (seperti login dan logout), maupun nama halaman yang sedang ditampilkan. Elemen Navigation Elemen navigasi, yang memberikan akses navigasi ke halaman-halaman lain dalam web. Elemen Sidebar Elemen pendukung konten, dapat berupa pembantu navigasi konten, ataupun berbagai hal lain seperti daftar konten lain, iklan, atau menu tambahan. Sidebar dapat berada di kiri atau kanan konten, atau bahkan di kiri dan kanan konten, sesuai dengan kreatifitas perancangnya. Elemen Konten Isi utama dari dokumen web. Pengguna biasanya datang ke web untuk melihat teks yang berada pada bagian ini. Elemen Footer Bagian penutup dari website, yang dapat saja berisi informasi lain tentang website, seperti lisensi pengunaan, sitemap, ataupun link ke website lain.

Uraian diatas tadi disampaikan oleh Afriq Yasin Ramadhan, S.T. (Alumni Tif) pada acara kuliah dosen tamu pemrograman web, dengan materi desain layout CSS yang diperuntukan Kelas D dan E matakuliah pemrograman web dengan dosen pengampu FiFtin Noviyanto, S.T., M.Cs. yang dilaksanakan pada hari Jumat 13 April 2018 di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. Afriq yang sedang mengambil Master di UGM ini juga menambahkan “bagaimana untuk menjadi seorang webdesigner?” apakah harus bisa desain? apakah harus bisa photoshop? apakah harus bisa coding. Banyak langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mejadi seorang webdesigner, salah satunya yaitu menguasai HTML, CSS, dan Javascript (WAJIB!!!), sebenarnya ini adalah titik penting untuk menjadi seorang webdesigner. karena seorang webdesigner itu bisa membuat desain diphotoshop dan merubahnya ke bentuk HTML/CSS. jadi belajar desain layout CSS merupakan kewjiban bagi webdesigner./(ns)