× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Struktur Data (Sdata) wajib memilih jadwal praktikum sesuai dengan dosen pengampu dikelas.
  1. Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono.
  2. Yang dosennya Pak Ardi Pujiyanta WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Ardi Pujiyanta.
  3. Yang dosennya Pak Rusydi Umar WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Rusydi Umar.


Mohon diperhatikan untuk matapraktikum berikut:
  1. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK)
  2. Dasar Dasar Pemrograman (DDP)
  3. Statistika Informatika
  4. Basis Data
Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

INFORMASI PRAKTIKUM SEMESTER GENAP 2017/2018

Berikut tanggal-tanggal penting persiapan dan pelaksanaan praktikum semester Genap 2017/2018, antara lain:

  • Pendaftaran Asisten: 8 - 15 Februari 2018
  • Seleksi Asisten: 19-21 Februari 2018
  • Pengumuman Asisten Diterima: 22 Februari 2018
  • Pendaftaran dan Aktivasi Praktikum: 14-21 Februari 2018
  • Pemilihan Slot Praktikum: 22-24 Februari 2018

 PROSEDUR DAN MEKANISME PENDAFTARAN PRAKTIKUM :

  1. Setiap mahasiswa harus terdaftar dan mengikuti praktikum (termasuk yang mengulang).
  2. Pendaftaran praktikum dilaksanakan secara online melalui IT Center T.Informatika (http://www.tif.uad.ac.id) sesuai jadwal. Untuk melakukan pendaftaran tersebut, masing-masing mahasiswa harus memiliki account di IT Center T.Informatika. Bagi yang belum, harus mendaftar terlebih dahulu di IT Center ini. (Semua laboratorium teknik Informatika bisa digunakan untuk pendaftaran online)
  3. Pendaftaran praktikum online meliputi : memilih mata praktikum yang diambil sesuai KRS, memilih modul dan diktat yang akan dibeli.
  4. Setelah sukses proses pendaftaran praktikum online, secara otomatis akan keluar PIN dan jumlah biaya yang harus dibayarkan ke bank. PIN tersebut harus ditulis pada bukti pembayaran, untuk memudahkan proses aktivasi.
  5. Selanjutnya mahasiswa melakukan pembayaran HANYA ke Bank Bukopin kampus 3: 
  6. No. Rek : 100 – 401 – 2753
    • Atas Nama : Sri Winiarti
    • Kode Cab./Lok. : 004/02
    • Kantor Cabang : Capem Kaliurang
  7. Besarnya biaya praktikum yang harus dibayarkan untuk mahasiswa angkatan 2008 adalah Rp. 35.000 / mata praktikum, angkatan 2009 adalah Rp. 10.000/ mata praktikum, angkatan 2010 adalah Rp. 10.000/ mata praktikum, angkatan 2011 adalah Rp. 10.000/ mata praktikum, angkatan 2012, 2013, 2014, 2015, 2016 dan 2017 adalah Rp. 0/ mata praktikum, sedangkan angkatan lainnya adalah Rp. 30.000 / mata praktikum. Untuk modul dan diktat dapat dilihat pada saat pendaftaran praktikum.
  8. Dengan membawa bukti pembayaran dari bank dan pin pendaftaran, mahasiswa selanjutnya melakukan aktivasi/registrasi praktikum ke laboran sesuai jadwal.
  9. Setelah teraktivasi, mahasiswa dapat melakukan pemilihan slot/jadwal praktikum secara online (sesuai jadwal) dengan login terlebih dahulu.
  10. Proses berikutnya adalah pelaksanaan praktikum sesuai jadwal.
  11. Hal – hal lain yang belum diatur maupun perubahan yang ada dalam ketentuan ini, akan diumumkan kemudian.

Demikian semoga bermanfaat.

an. Kaprodi Teknik Informatika

TTD

Sri Winiarti, S.T., M.Cs.