× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Struktur Data (Sdata) wajib memilih jadwal praktikum sesuai dengan dosen pengampu dikelas.
  1. Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono.
  2. Yang dosennya Pak Ardi Pujiyanta WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Ardi Pujiyanta.
  3. Yang dosennya Pak Rusydi Umar WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Rusydi Umar.


Mohon diperhatikan untuk matapraktikum berikut:
  1. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK)
  2. Dasar Dasar Pemrograman (DDP)
  3. Statistika Informatika
  4. Basis Data
Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Informasi pendaftaran matakuliah metopen Semester Ganjil 2017/2018

Berikut ini dijelaskan kembali langkah-langkah yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengikuti matakuliah metopen:

  1. Proses KRS untuk matakuliah metopen dilakukan oleh prodi, mahasiswa tidak dapat melakukan KRS mandiri.
  2. Mahasiswa menentukan topik penelitian yang akan digunakan untuk matakuliah metopen. Misal: rekayasa perangkat lunak, data mining, pengembangan sistem informasi, sistem cerdas, keamanan komputer, jaringan komputer dan lain-lain.
  3. Mahasiswa melakukan pencarian minimal 5 pustaka pendukung, dapat berupa naskah terpublikasi di Jurnal nasional/internasional atau seminar nasional/internasional. 
  4. Untuk Jurnal yang akan digunakan mahasiswa dapat mengidentifikasi nama penulis naskah publikasi, judul naskah, nama jurnal, volume, nomor dan tahun terbit. Untuk naskah yang dimuat di seminar mahasiswa dapat mengidentifikasi nama penulis naskah publikasi, judul naskah, nama seminar, penyelenggara seminar dan tanggal pelaksanaan seminar.
  5. Mahasiswa melakukan review terhadap naskah publikasi pendukung penelitian metopen tersebut (silahkan lihat tabel review penelitian terdahulu pada Bab 2 naskah skripsi informatika yang ada diperpustakaan) dan mengkonsultasikan dengan dosen pembimbing akademik/dosen wali.
  6. Mahasiswa mengisi form pengajuan melalui google fom dengan URL https://goo.gl/forms/ZBDD6h1xPuZ9T5iS2
  7. Mahasiswa mengisi form pengajian judul metopen (FR-Metopen-01) yang dapat didownload pada halaman Download (klik disini) dan dosen pembimbing akademik akan memastikan kelayakan topik dan riwayat mata kuliah yang pernah diambil untuk menunjang penelitian.
  8. Setelah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing akademik, mahasiswa dapat menghubungi calon dosen pembimbing metopen/skripsi untuk berkonsultasi terkait topik penelitian. Jika mahasiswa tidak menghubungi dosen artinya mahasiswa bersedia dosen pembimbing yang dipilihkan melalui rapat dosen.
  9. Setelah mendapat persetujuan calon dosen pembimbing akademik, mahasiswa mengumpulkan dokumen persyaratan pendaftaran metopen berupa: form pengajuan judul metopen, lembar review naskah publikasi dan diserahkan ke loker Koordinator Skripsi sebelum masa KRS berakhir.
  10. Prodi akan melakukan KRS kolektif untuk mahasiswa yang mendaftar metopen dan apabila mahasiswa tidak memenuhi persyaratan tidak akan didaftarkan pada matakuliah metopen.
  11. Mahasiswa harus memastikan tidak mengambil matakuliah KP/MTP bersamaan dengan matakuliah Metopen.