× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Struktur Data (Sdata) wajib memilih jadwal praktikum sesuai dengan dosen pengampu dikelas.
  1. Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono.
  2. Yang dosennya Pak Ardi Pujiyanta WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Ardi Pujiyanta.
  3. Yang dosennya Pak Rusydi Umar WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Rusydi Umar.


Mohon diperhatikan untuk matapraktikum berikut:
  1. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK)
  2. Dasar Dasar Pemrograman (DDP)
  3. Statistika Informatika
  4. Basis Data
Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Materi Metopen Pertemuan Ke-3

Berikut materi disampaikan pada pertemuan ke-3, 17 September 2014di kelas.1. Membuat ringkasan/resume dari min. 5 paper/skripsi yang terkait dengantopik Metopen masing-masing.2. Menjelaskan teknik membuat judul skripsi yg baik. Acuan:http://romisatriawahono.net/2009/04/10/penelitian-tugas-akhir-itu-mudah-3-menetapkan-tema-dan-judul/.Note: Berdasarkan hasil workshop Metopen kemarin, TUJUAN menjadi OPSIONALutk dimasukkan, maka sudah dijelaskan hal tsb dengan clear di kelas.3. Membuat latar belakang masalah (Part 1). Sumber:http://romisatriawahono.net/2012/06/18/kiat-menyusun-alur-latar-belakang-masalah-penelitian/. Penjelasan masih pada cara menjawab "WHY" untuk dituliskan di paragraf pertama Latar belakang masalah. Part 2 akan dijelaskan minggu depan.4. Sepanjang 1 minggu ke depan (17-23 September), mahasiswa WAJIB melakukanBIMBINGAN dnegan dosen pembimbing masing-masing.Jika tidak melakukan maka mahasiswa akan mendapatkan PINALTI. Sebaliknyapula jika dosen pembimbing tdk menyempatkan melakukan pembimbingan akanmendapatkan PINALTI (to be discussed sesuai hasil rapat kita besok) pula.Semua proses pembimbingan harus ada bukti/presensi yang menunjukkan bahwa mhs benar-benar sdh bimbingan.5. Ditekankan pula ke mhs bahwa makul Metopen ini adalah bersifat team teaching.Artinya selain dosen yang menyampaikan teori di kelas, juga didukung olehdosen pembimbing Metopen. Jadi semua saling support, setiap kali materiminggu ini sudah disampaikan, maka dosen pembimbing pasti akan tahu apa ygharus mereka arahkan ke mahasiswa sesuai topik metopen minggu berjalan.

TTD

Dosen Pengampu