× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke prodi@tif.uad.ac.id atau via dm instagram @proditifuad, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil mata praktikum Struktur Data (Sdata) wajib memilih jadwal praktikum sesuai dengan dosen pengampu dikelas.
  1. Yang dosennya Pak Wahyu Pujiyono WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Wahyu Pujiyono.
  2. Yang dosennya Pak Ardi Pujiyanta WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Ardi Pujiyanta.
  3. Yang dosennya Pak Rusydi Umar WAJIB memilih slot jadwal praktikum Pak Rusydi Umar.


Mohon diperhatikan untuk matapraktikum berikut:
  1. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer (KDJK)
  2. Dasar Dasar Pemrograman (DDP)
  3. Statistika Informatika
  4. Basis Data
Memiliki durasi praktikum selama 2 slot atau 3 jam contoh : Untuk itu silahkan menyesuaikan dengan jadwal masing masing supaya tidak terjadi bentrok jadwal.

Merlinda Wibowo Mahasiswi Teknik Informatika UAD Raih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah HUT Bank BPD DIY Ke 52

Syukur Alhamdulillah, Merlinda Wibowo mahasiswi semester 7 Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan untuk kesekian kalinya mengukir prestasi yang membanggakan bagi almamater UAD. Mahasiswi kelahiran 20 tahun yang lalu dari pasangan Bapak Bowo Pitoyo dan Ibu Sri Asih ini berhasil  meraih juara 2 pada lomba karya tulis ilmiah dalam rangka HUT ke 52 Bank BPD DIY. Dengan mengusung tema “Bank BPD DIY, Tradisi dan Inovasi Menuju Perubahan”, Bank BPD DIY memberi kesempatan kepada Mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi di Yogyakarta, untuk berpartisipasi, berkompetisi, dan berprestasi dalam ajang Lomba Karya Tulis Bank BPD DIY 2013, dengan harapan meningkatkan pengetahuan perankan dan mengenalkan Bank BPD DIY ke seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan “Bank Regional Champion” .

Berkaitan dengan tema tersebut dan dihubungkan dengan dasar keilmuan teknik informatika, merlinda wibowo menyampaikan gagasan yang terkait pengembangan promosi bagi para pengusaha UMKM dengan dukungan teknologi mobile seperti smartphone dan tablet. Ide gagasan tersebut di susun dalam karya tulis ilmiah dengan judul “Rancangan Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Untuk Mobile Promotion Produk UMKM dan Informasi Layanan Bank BPD DIY Terdekat”. Ide gagasan ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi mobile promotion dengan konsep sistem layanan berbasis lokasi untuk produk UMKM sehingga menjadi suatu media pemasaran yang memiliki jangkaian publikasi yang luas. Selain itu di rancangan aplikasi ini dilengkapi dengan informasi lokasi UMKM dan rute penunjuk arah dari lokasi pengguna ketika mengakses aplikasi ke gerai UMKM yang menawarkan produk yang diinginkan. Rancangan aplikasi ini juga memberikan informasi lokasi ATM dan kantor cabang Bank BPD DIY terdekat sehingga membantu konsumen saat melakukan transaksi ataupun disaat membutuhkan jasa-jasa perbankan ketika bertransaksi dengan produk UMKM.

Biodata

Nama                            :           Merlinda Wibowo

Nim                               :           1018160

Program Studi             :           Teknik Informatika

Dosen Pembimbing  :           Herman Yuliansyah, S.T., M.Eng.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan Merlinda Wibowo, dalam lomba karya tulis ilmiah ini diikuti oleh peserta peserta baik pada jenjang sarjana maupun pascasarjana dari perguruan tinggi seperti UGM, UNY, UPN Veteran, Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan ATK Yogyakarta. Merlinda wibowo juga menuturkan banyak sekali manfaat yang didapat setelah mengikuti lomba ini diantaranya dapat melatih diri untuk dapat mempresentasikan ide gagasan di depan masyarakat umum, belajar menyusun karya tulis yang baik, menambah pertemanan baru dan lebih banyak lagi.

Semoga prestasi yang diraih merlinda bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan khususnya mahasiswa Fakultas Teknologi Industri