Program Studi Teknik Informatika

× Untuk mahasiswa baru, mohon diperhatikan bahwa username dan password TIF dan PORTAL BERBEDA. Apabila belum memiliki akun di TIF, silahkan memilih SIGN UP terlebih dahulu. Apabila dalam pengaksesan website ini mengalami kendala, error atau ada hal yang tidak semestinya, silahkan laporkan via email ke fiftin.noviyanto@gmail.com, bisa juga berupa kritik dan saran. Terima kasih.
× Bagi mahasiswa yang mengambil matapraktikum: Dasar Pemrograman, Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, Statistika Informatika dan Basis Data, Perlu diperhatikan bahwa pemilihan Slot praktikum khusus untuk matapraktikum ini dilaksanakan selama 3 jam (2 slot praktikum reguler), oleh karena itu harap disesuaikan dengan jadwal anda yang lain. Demikian semoga bermanfaat.
× Bagi mahasiswa yang mengambil matapraktikum: Struktur Data, Perlu diperhatikan bahwa pemilihan Slot praktikum, khusus untuk matapraktikum ini harus menyesuaikan dosen masing-masing.

Workshop “Metodologi Penelitian Bidang Informatika/Software Engineering” Andry Alamsyah, Ph.D. (Telkom University)

(tif) Kegiatan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dilakukan dengan penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah untuk mengungkapkan ilmu pengetahuan atau menerapkan teknologi. Penelitian ilmiah ini dilakukan untuk mencari jawaban dari permasalahan yang terjadi saat ini. Uraian tersebut disampaikan oleh Andry Alamsyah, Ph.D. (Telkom University) sebagai narasumber utama pada acara Workshop Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) dengan tema “Metodologi Penelitian Bidang Informatika/Software Engineering”.

Workshop yang diselenggarakan pada hari Rabu 21 Maret 2018 di ruang Literasi Kampus 3 UAD tersebut dihadiri seluruh dosen Teknik Informatika. Workshop tersebut dibagi menjadi 3 sesi yang meliputi sharing pengalaman penelitian di bidang informatika, sharing penelitian dari peserta workshop, dan menyusun draft proposal penelitian.

Sri Winiarti, S.T., M.Cs. (Ketua Program Studi Teknik Informatika) menyampaikan workshop ini bertujuan untuk mengkaji mengenai metode yang digunakan dalam penelitian. Meningkatkan kualitas suatu penelitian melalui kontribusinya dalam pemecahan masalah untuk penentuan rumusan masalah yang didasari aspek manfaat dari penelitian. Beliau juga menambahkan workshop ini untuk mendeskripsikan kompetensi software engineering lulusan S1 Teknik Informatika FTI UAD melalui evaluasi pada naskah skripsi. Hasil Evaluasi dapat digunakan untuk mengetahui setiap kompetensi lulusan yang dihasilkan dengan rumusan luaran pembelajaran dibidang software engineering yang telah disusun oleh Program Studi Teknik Informatika FTI UAD /(ns)