Program Studi Teknik Informatika

Pengenalan dan Pembekalan SAP-ASEAN Foundation (ASEAN Data Science Explorer) untuk Dosen dan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika FTI UAD

(tif) Bertempat di Laboratorium Komputer Jaringan Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan, ASEAN Data Science Explorer (ADSE) bekerjasama dengan Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan acara Pengenalan dan Pembekalan tentang ASEAN Data Science Explorer. Program ASEAN Data Science Explorer , yang kini diselenggarakan  untuk kedua kalinya, bertujuan untuk menginspirasi dan menjadi wadah aktivitas generasi muda ASEAN. Program ini menargetkan mahasiswa di 10 negara angota ASEAN untuk memanfaatkan kekuatan data, mendapatkan wawasan dengan menggunakan SAP Analytics Cloud dan menyumbangkan gagasan kepada lembaga-lembaga ASEAN terkait.

ASEAN Data Science Explorer adalah kompetisi yang diselenggarakan bersama oleh ASEAN Foundation dan perusahaan software multinasional SAP, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat ASEAN di kalangan kaum muda melalui literasi digital. Peserta Kompetisi yang sudah terdaftar kemudian diberi akses ke dalam data ASEAN dan juga platform SAP Analytics Cloud, yang memungkinkan mereka untuk menganalisis data dengan lebih baik dan memperoleh wawasan yang bermakna.

ASEAN Data Science Explorer  pertama kali dilaksanakan pada tahun 2017, program ini merupakan kompetisi data analytics yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap komunitas ASEAN di antara generasi muda melalui intervensi literasi digital. Dengan menggunakan platform SAP Analytics Cloud, inisiatif tersebut akan membantu para peserta untuk menyampaikan wawasan berbasis data yang menyoroti isu-isu di ASEAN mengenai enam tujuan perkembangan berkelanjutan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), seperti : kesehatan dan kesejahteraan yang baik, kualitas pendidikan, kesetaraan gender, industri, inovasi, dan infrastruktur, lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang baik, serta komunitas kota yang berkelanjutan.

Program ini akan berlangsung mulai bulan Maret hingga bulan Oktober 2018, dimulai dengan serangkaian sesi pemberdayaan yang diselenggarakan untuk mahasiswa dan dosen di universitas lokal di seluruh 10 negara anggota ASEAN salah satunya di Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan. Setelah itu, mahasiswa diundang untuk membentuk tim yang terdiri dari dua orang untuk mendaftarkan diri berkompetisi dan menyerahkan ide-ide mereka. Satu tim peserta dari masing-masing negara anggota akan memiliki kesempatan untuk dinobatkan sebagai finalis nasional lalu maju untuk berkompetisi dalam putaran final regional. Babak final regional Data Science Explorer 2018 akan diadakan di Singapura, dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura sebagai host partner. Acara yang berlangsung pada hari Kamis 12 April 2018, Selain dari UAD juga diikuti perwakilan perguruan tinggi lain seperti UTY, UIN, UPN, dan AKPRIND. Terang Ardiansyah, S.T., M.Cs. (PIC). /(ns)