Program Studi Teknik Informatika

Kuliah Umum Program Studi Teknik Informatika FTI UAD “Big Data” Oleh Andry Alamsyah, Ph.D. (Telkom University)

(tif) Di era di mana hampir semua orang berinteraksi dengan internet, data menjadi salah satu komoditas yang paling potensial bagi bisnis. Sebagai contoh, Facebook, memiliki miliaran pengguna, diantaranya dengan mengakses melalui ponsel Android. Sehingga setiap bidang bisnis apa saja dengan lebih mudah dapat diakses sesuai pengumpulan data, analisis, dan interpretasi, big data yang berdampak langsung pada bisnis. Big data bisa memiliki banyak peran dalam memajukan bisnis, salah satunya adalah dengan mengubah bagaimana cara bisnis mengkonversi para pelanggannya.

Revolusi big data dalam bisnis dimulai dari bagaimana big data mengubah, tepatnya menaikkan posisi data dalam sebuah bisnis. Data sekarang banyak dipandang sebagai sebuah aset yang harus dimanfaatkan dan harus dijaga serta dikembangkan. Revolusi model bisnis harus berubah, sehingga pendukungnya pun harus berubah. Seperti bagaimana cara mengorganisasi manusia, sehingga kita bisa mengukur dari jumlah data yang dimulai dari data perilaku seseorang. Selain itu bisnis mulai memanfaatkan big data untuk mengetahui lebih lanjut pertimbangan-pertimbangan dalam melakukan strategi marketing yang tepat sasaran.

Big Data adalah sebuah teknologi baru di dunia teknologi informasi dimana memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data dalam beragam bentuk/format, berjumlah besar dan pertambahan data yang sangat cepat. Pengolahan dan analisis data dalam jumlah sangat besar ini memerlukan waktu yang relatif jauh lebih singkat dengan menggunakan Big Data dibandingkan teknologi data sebelumnya, misalnya database relational seperti MySQL. Uraian tersebut disampaikan oleh Andry Alamsyah, Ph.D. (Telkom University) pada acara kuliah umum Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD).Menurut Supriyanto, S.T., M.Eng. (PIC kuliah umum) menyampaikan, bahwa kuliah umum yang diselenggarakan pada hari Kamis 22 Maret 2018 yang bertempat di Auditorium Gedung D Kampus 3 UAD, bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika FTI UAD tentang ciri-ciri data yang ditangani oleh Big Data, disamping itu juga memberikan gambaran yang lebih lengkap dari sebelumnya karena biasanya data yang dianalisis adalah data terstruktur misalnya data relasional database. /(ns)