Program Studi Teknik Informatika

Kuliah Umum Kecerdasan Buatan Program Studi Teknik Informatika Oleh Haviluddin, M.Kom. Ph.D. (Universitas Mulawarman)

(tif) Kecerdasan Buatan (AI) adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. AI mempelajari bagaimana membuat komputer melakukan pada suatu kejadian atau peristiwa yang mana orang melakukannya dengan baik. AI juga sangat berperan dalam menyampaikan segala informasi dan pengalaman belajar yang akan membuat proses belajar mengajar lebih efektif. Teknologi AI inilah yang banyak orang ingin belajar, membuat menggunakan dan bersaing.Bahkan seperti Facebook, Google, dan Apple berlomba-lomba mengaplikasikannya dalam berbagai aspek. Mulai dari mesin pencari, mobil pintar, sampai periklanan. Uraian diatas tadi disampaikan oleh Haviluddin, M.Kom. Ph.D.Ilmu Komputer FKTI Universitas Mulawarman, pada acara kuliah umum Program studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), Kamis 22 Maret 2018.

Pada kuliah umum yang diikuti mahasiswa Teknik Informatika di ruang 314 Kampus 3 UAD yang mengambil matakuliah tersebut, Haviluddin menyampaikan AI merupakan proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia. Manusia bisa menjadi pandai dalam menyelesaikan segala permasalahan di dunia ini karena manusia mempunyai pengetahuan dan pengalaman Pengetahuan diperoleh dari belajar. Semakin banyak bekal pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentu saja diharapkan akan lebih mampu dalam menyelesaikan permasalahan. Haviluddin juga memberikan contoh Aplikasi-aplikasi dari Program kecerdasan buatan diantaranya: game playing, sistem bahasa alami, sistem perancangan dan pembuatan CAD/CAM, sistem pakar reparasi perangkat keras, manajemen data cerdas, sistem otomatisasi, dll.

Tujuan diselenggarakan kuliah umum ini supaya mahasiswa Program Studi Teknik Informatika bisa semakin mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah yang biasanya diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misal pengolahan citra, perencanaan, guna meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer. Disamping itu juga untuk meningkatkan pengertian maupun pemahaman kita, bagaimana setiap otak manusia bekerja, “Terang Andri Pranolo,S.Kom., M.Cs. (PIC Kuliah Umum Teknik Informatika). /(ns)