Program Studi Teknik Informatika

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Tahun 2018

INFORMASI DAN PERSYARATAN PENGAJUAN BEASISWA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK (PPA) BAGI MAHASISWA AKTIF UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN TAHUN 2018

Kami beritahukan kepada mahasiswa aktif UAD bahwa pada Tahun Anggaran 2018, Kopertis Wilayah V memberikan penawaran Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dengan kuota 129 (seratus dua puluh sembilan) orang mahasiswa. Bagi mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang akan mengajukan beasiswa tersebut harap memperhatikan hal-hal berikut:

Ketentuan Beasiswa

Mahasiswa yang dapat mengajukan Beasiswa PPA adalah mahasiswa yang memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada tahun akademik 2017/2018
  2. Belum dinyatakan Lulus s.d. 31 Desember 2018
  3. Terdaftar sebagai mahasiswa S1 minimal semester IV dan dan maksimal semester VI
  4. Indeks Prestasi Kumulatif  ≥ 3.00
  5. Berkelakuan baik, tidak pernah mendapatkan sanksi akademik.
  6. Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa atau sedang mengajukan beasiswa lain periode Januari – Desember 2018
  7. Memiliki dan menggunakan email UAD aktif untuk membuka blangko pendaftaran daring
  8. Mahasiswa mendaftar melalui blangko daring ditautan: Pendaftaran Beasiswa PPA 2018 Apabila data pendaftaran perlu diperbaiki, cukup isi ulang formulir pendaftaran dengan data yang baru/benar melalui tautan di point 8.

Tahapan Pendaftaran

No Tanggal Aktifitas 1 17 April 2018 Pengumuman Beasiswa PPA lewat web Bimawa. 2 17 s.d. 27 April 2018 Pendaftaran daring: klik disini 3 2 Mei 2018 jam 13:00 WIB Tahap I. Pemberitahuan Lolos Seleksi Administrasi Pendaftaran Daring 4 3 s.d. 11 Mei 2018 Tahap II. Pengumpulan Berkas Persyaratan Beasiswa bagi yang namanya tercantum dalam Tahap I. 5 21 Mei 2018 jam 13:00 WIB Tahap III. Pengumuman Penerima Beasiswa 6 Mei/Juni 2018 Tahap IV. Pencairan Beasiswa/Penerimaan Rekening BTN oleh Kopertis V

Berkas persyaratan yang dikumpulkan

(Khusus bagi mahasiswa yang namanya tercantum dalam Tahap I. Pemberitahuan Lolos Seleksi Administrasi Pendaftaran Daring) :

  1. Permohonan tertulis kepada Direktur Kemahasiswaan Kemristekdikti (form terlampir): 2 lembar (asli dan fotokopi)
  2. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM): 2 lembar fotokopi
  3. Printout Kartu Rencana Studi (KRS): 2 lembar
  4. Printout Transkrip Nilai yang disahkan Pimpinan Fakultas dengan IPK minimal 3,00: 2 lembar (asli dan fotokopi)
  5. Surat Keterangan Asli penghasilan orang tua (form terlampir): 2 lembar (asli dan fotokopi) Jika kedua ortu/wali bekerja, maka surat ket penghasilan disertakan semua.
  6. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber APBN/APBD yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (form terlampir) : 2 lembar (asli dan fotokopi)
  7. Fotokopi Kartu Keluarga/C1: 2 lembar
  8. Fotokopi KTP: 2 lembar
  9. (Bagi mahasiswa yang sudah memiliki rekening BTN) Fotokopi halaman sampul dalam Buku Rekening Bank Tabungan Negara (BTN) yg disahkan/legalisir : 2 lembar fotokopi legalisir.

Syarat Fotokopi Buku Rekening Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai berikut :

  • Rekening harus atas nama calon penerima beasiswa tahun 2018 (tidak boleh menggunakan rekening milik orang lain)
  • Fotokopi buku rekening harus dilegalisir pada Bank Penerbit
  • Rekening harus dipastikan selalu aktif

Bagi Mahasiswa yang telah menerima beasiswa pada tahun sebelumnya agar tidak melakukan perubahan rekening. Kopertis V akan membuatkan rekening BTN bagi mahasiswa yang belum memiliki rekening BTN secara kolektif bagi mahasiswa yang lolos seleksi Beasiswa PPA 2018

10. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya pada bidang ko-kurikuler dan /atau ekstra kurikuler jika memiliki (sesuaikan dengan yang diisi di portal > Kemahasiswaan > Prestasi Mahasiswa): masing-masing piagam/sertifikat 2 lembar.

Catatan :

  1. Setelah mendaftar daring, Mahasiswa harap segera memproses persyaratan surat keterangan asli penghasilan ortu sesuai format terlampir, kami tidak menerima surat berupa scan/fotokopi/tidak ada legalisir dan atau tanpa pengesahan tanda tangan dan stempel basah pejabat terkait.
  2. Pendaftaran daring akan dibuka sesuai pada tanggal yang telah ditentukan, pengisian pendaftaran diluar tanggal dan waktu tersebut, data pendaftaran akan kami tolak.
  3. Ketika membuka tautan pendaftaran beasiswa menemui kendala dan ada pesan seperti di bawah ini :
  4. Silahkan klik disini untuk logout dari email non UAD dan klik disini untuk login email UAD.
  5. Seleksi Beasiswa PPA dinilai berdasarkan urutan : IPK Paling tinggi, Prestasi Mahasiswa, Keterbatasan kemampuan ekonomi, dst.
  6. Data yang diisikan dalam Form Pendaftaran Beasiswa harus benar dan jujur. Jika ditemukan data yang tidak sesuai dengan yang diisi di Form Pendaftaran Beasiswa , maka berkas tidak akan diproses.
  7. Bagi mahasiswa yang belum ada prestasi tidak perlu mengisi Prestasi Mahasiswa.
  8. Berkas disusun berurutan sesuai no syarat, dijepit dengan binder clips ukuran maks. 25 mm (tidak boleh distaples), dan dibuat 2 rangkap
  9. Berkas lengkap dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam map warna merah, dan telah ditempeli halaman sampul/cover yang telah diisi lengkap, khusus tanda tangan Wakil Rektor III dikosongkan, akan diproseskan oleh Kemahasiswaan BIMAWA
  10. Berkas yang sudah masuk BIMAWA tidak boleh diambil kembali atau disusuli berkas persyaratan beasiswa.

Lampiran:

  1. Berkas-Blangko-Persyaratan-PPA-2018-rev.1  pdf
  2. Berkas-Blangko-Persyaratan-PPA-2018-rev.1 doc
  3. Pengumuman PPA 2018 pdf

Yogyakarta, 17 April 2018

Ttd

BIMAWA

/(ns)