Program Studi Teknik Informatika

[UPDATE] Informasi pendaftaran matakuliah metopen Semester Genap 2016/2017

Berikut ini dijelaskan kembali langkah-langkah yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengikuti matakuliah metopen:

  1. Proses KRS untuk matakuliah metopen dilakukan oleh prodi, mahasiswa tidak dapat melakukan KRS mandiri.
  2. Mahasiswa menentukan topik penelitian yang akan digunakan untuk matakuliah metopen. Misal: rekayasa perangkat lunak, data mining, pengembangan sistem informasi, sistem cerdas, keamanan komputer, jaringan komputer dan lain-lain.
  3. Mahasiswa melakukan pencarian minimal 5 pustaka pendukung, dapat berupa naskah terpublikasi di Jurnal nasional/internasional atau seminar nasional/internasional. 
  4. Untuk Jurnal yang akan digunakan mahasiswa dapat mengidentifikasi nama penulis naskah publikasi, judul naskah, nama jurnal, volume, nomor dan tahun terbit. Untuk naskah yang dimuat di seminar mahasiswa dapat mengidentifikasi nama penulis naskah publikasi, judul naskah, nama seminar, penyelenggara seminar dan tanggal pelaksanaan seminar.
  5. Mahasiswa melakukan review terhadap naskah publikasi pendukung penelitian metopen tersebut dan buat resume (silahkan lihat tabel review penelitian terdahulu pada Bab 2 naskah skripsi informatika yang ada diperpustakaan) dan mengkonsultasikan serta disetujui oleh dosen pembimbing akademik/dosen wali dan dosen calon pembimbing skripsi.
  6. Mahasiswa mengisi form pengajian judul metopen yang dapat didownload (link ini) dan dosen pembimbing akademik akan memastikan kelayakan topik dan riwayat mata kuliah yang pernah diambil untuk menunjang penelitian.
  7. Setelah mendapat persetujuan dari dosen pembimbing akademik, mahasiswa dapat menghubungi calon dosen pembimbing metopen/skripsi untuk berkonsultasi terkait topik penelitian.
  8. Setelah mendapat persetujuan calon dosen pembimbing metopen/skripsi, mahasiswa mengumpulkan dokumen persyaratan pendaftaran metopen berupa: form pengajuan judul metopen, lembar review naskah publikasi dan diserahkan ke Loker koordinator skripsi paling lambat tanggal 21 Februari 2016.
  9. Prodi akan melakukan KRS kolektif untuk mahasiswa yang mendaftar metopen dan apabila mahasiswa tidak memenuhi persyaratan tidak akan didaftarkan pada matakuliah metopen.
  10. Mahasiswa harus memastikan tidak mengambil matakuliah KP/MTP/KKN Alternatif bersamaan dengan matakuliah Metopen.
  11. Bagi mahasiswa yang saat ini sedang melaksanakan KKN maka wajib menghubungi Koordinator Skripsi.

Catatan: Untuk dosen informatika yang telah bergelar S2 lainnya (lihat dimenu dosen, dapat dipilih untuk menjadi calon dosen pembimbing, namun harus disertai 22 dosen diatas sebagai dosen payungnya.